Adiwiyata SMA Katolik Hikmah Mandala

Adiwiyata SMA Katolik Hikmah Mandala

 

 
Kali ini beberapa sekolah di Banyuwangi diberi kesempatan untuk mengikuti program Adiwiyata, salah satunya SMAK Hikmah Mandala. Sebenarnya apa sih tujuan Adiwiyata itu? Adiwiyata adalah tempat yang lebih baik dan ideal dengan segala ilmu pengetahuan, norma serta estetika yang menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan cita-cita pembangunan berkelanjutan, sedangkan tujuan Adiwiyata itu sendiri adalah untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab terhadap upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk pembangunan berkelanjutan. Dengan program Adiwiyata ini warga SMAK Hikmah Mandala kembali berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup berawal dari lingkungan sekolah.
Keunggulan SMAK Hikmah Mandala dalam program Adiwiyata yaitu pengolahan sampah dan pemanfaatan air yang baik. Untuk pengelolaan sampah, SMAK Hikmah Mandala telah mempersiapkan pemilahan sampah organik dan anorganik. Sampah organik dikelola untuk dijadikan pupuk kompos dan digunakan untuk tanaman di sekolah, sedangkan untuk sampah anorganik dimanfaatkan oleh siswa menjadi berbagai kerajinan yang bernilai seni dan ekonomis. SMAK Hikmah Mandala juga menjalin kerjasama dengan Bank Sampah sehingga sampah-sampah anorganik memiliki nilai ekonomis. Warga SMAK Hikmah Mandala juga berkomitmen untuk mengurangi volume sampah yang dibuang setiap harinya dengan cara 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle). Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segal sesuatu yang mengakibatkan sampah. Sedangkan Recycle berarti mengolah kembali atau mendaur ulang sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.
Untuk program pemanfaatan air, SMAK Hikmah Mandala memanfaatkan air sungai untuk mengairi kolam produktif di sekolah. Di beberapa titik juga telah dibuat biopori atau resapan air dalam jumlah banyak agar air hujan terserap dalam tanah. Tidak hanya itu, SMAK Hikmah Mandala juga mempertahankan ruang hijau terbuka sebagai tempat resapan air hujan secara alami. Warga SMAK Hikmah Mandala berkomitmen pula untuk menghemat air dalam pengelolaan air yang baik.
Itulah sekilas tetantang program Adiwiyata SMAK Hikmah Mandala Banyuwangi. Semoga apa yang dilaksanakan untuk kesuksesan program Adiwiyata ini dapat membawa hasil yang baik pula. Amin! Mari kita sukseskan untuk lingkungan hidup kita!

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ChatClick here to chat!+